Auction

    Kali ini saya akan membuat sebuah program yang dapat mempresentasikan adanya sebuah perlelangan dan program ini bisa disebut sebagai Auction Program / Auction System. Di dalam perlelangan biasanya ada barang yang akan dilelang dan para peserta yang menjadi audience perlelangan, oleh karena itu mekanisme dari program ini diawali dengan memasukkan barang yang akan dilelang seperti, buku, emas, perhiasan, dll. Setelah itu memasukkan harga yang ditentukan oleh para peserta auction yang ada. Untuk diagramnya : 


1. Class Auction adalah class utama dari perlelangan.

2. Class Bid adalah class untuk menampung nilai harga tawaran yang dilakukan oleh audience dari auction tersebut.

3. Class Lot adalah class yang bertujuan untuk menampung barang yang akan dilelang.

4. Class Person adalah class yang menampung identitas audience yang mengikuti auction tersebut.

Source Code

1. Auction.java 

2. Bid.java

3. Lot.java

4. Person.java

Cara Kerja

1. Class Auction.java harus di compile agar menjadi diagram objek merah yang terdapat di bawah diagram kelas, nama boleh di isi semau kita. 


2. Setelah itu klik kanan pada diagram objek tersebut dan pilih void enterLot(String Description) untuk memasukkan barang yang di jadikan barang lelangan. 



3. Setelah di masukkan barang-barang yang ingin dilelangkan, kita bisa cek barang-barang tersebtu dengan klik kanan pada diagram objek tersebut dan pilih void showLots(). Contoh yang saya tampilkan adalah "cincin" dan "tas". Bisa dilihat bahwa belum ada penawaran dari kedua barang tersebut.



4. Karena penawaran belum dilakukan karena tidak ada audience auction, maka dari itu kita menambahkan audience tersebut dengan klik kanan pada class person dan pilih new Person(String newName), dan memasukkan nama yang diinginkan. 


5. Setelah memasukkan audience, perlelangan dapat dimulai dengan cara klik kanan pada diagram objek auction1 dan pilih void MakeBid(int CurrentlotNumber, Person bidder, long price), dengan memasukkan item keberapa, orang yang melakukan penawaran, dan harga yang akan ditawarkan. 



    Lakukan hal tersebut berulang kali dengan barang dan audience yang ada.

6. Jika perlelangan sudah dapat dicukupkan, maka hal yang dilakukan adalah klik kana pada diagram objek auction dan pilih void stopbid()



Comments

Popular Posts