Tugas 2 Rekayasa Kebutuhan

Kelompok :

Melanchton Bonifacio Butarbutar - 0511194000097

Aji Rindra Fakhrezi Putra Faisal - 05111940000205

Kelas : Rekayasa Kebutuhan B


Kami akan menganalisa Requirement Engineering Process dari project yang pernah dibuat yaitu Sistem Informasi Senikersku.

SKPL Senikersku :




Requirement Engineering Process

Elicitating

Proses Elisitasi yang dilakukan untuk membuat Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) di atas dilakukan melalui wawancara dari pemilik senikersku. Hasil wawancara dapat dilihat sebagai berikut :

Admin/Pemilik :
- Admin dapat menambahkan barang, mengedit detail barang, dan menghapus barang yang akan dijual
- Admin dapat mengkonfirmasi proses pembelian dari pembeli
- Admin dapat melihat informasi naik/turunnya penjualan dari website tersebut

Pembeli/Pengguna :
- Pembeli dapat membuat akunnya sendiri untuk melakukan pembelian produk yang disediakan oleh website
-Pembeli dapat melihat produk katalog yang disediakan oleh website
- Pembeli dapat membeli barang serta melakukan transaksi pembelian
- Pembeli dapat melihat status pembeliannya untuk memudahkan pembeli untuk melacak barang yang telah dibeli

Understanding

Hasil wawancara diatas merupakan gambaran garis besar kebutuhan Sistem Informasi Senikersku. Untuk detailnya sendiri dapat dilihat sebagai berikut : 

- Pembeli dapat melakukan registrasi akun
- Pembeli dapat mengganti detail akun
- Pembeli dapat mencari barang
- Pembeli dapat memilih barang di wishlist
- Pembeli dapat melakukan pembelian
- Pembeli dapat melihat ulasan barang
- Pembeli dapat melakukan pembayaran
- Pembeli dapat melacak barang pesanan
- Pembeli dapat memberikan ulasan barang
- Admin dapat mengelola data barang
- Admin dapat mengelola promosi barang
- Admin dapat mengubah status pemesanan
- Admin dapat melihat data pembeli
- Pembeli dan Admin dapat melakukan chat online

Specifying

Setelah hasil wawancara yang telah dipahami untuk kebutuhan sistem, dibuatlah gambaran spesifikasi perangkat yang akan digunakan, hal tersebut dapat dilihat sebagai berikut : 

- Terdapat dua aktor yang berinteraksi dengan sistem yaitu, Admin dan Pembeli
- Sistem dapat menyimpan seluruh data pembeli
- Sistem dapat menampilkan barang yang di tambahkan oleh admin
- Sistem dapat melakukan proses pembelian yang dilakukan oleh pembeli




Validating

Berikut merupakan tahapan-tahapan untuk menguji dan validasi apakah sistem tersebut berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna :
 
Tahap 1 : Rancangan aplikasi yang dibutuhkan akan didiskusikan kepada stakeholders Senikersku
Tahap 2 : Melakukan testing terhadap aplikasi yang dikembangkan
Tahap 3 : Evaluasi terhadap aplikasi yang telah di dikembangkan dan meminta feedback dari stakeholders Senikersku
Tahap 4 : Melakukan deployment website pada server yang diikuti oleh pemeliharaan website secara berkala

Output 

Berikut merupakan output yang diperoleh :

- Website Sistem Informasi Senikersku
- Domain dan Server untuk Sistem Informasi Senikersku 

Comments

Popular Posts